Pengertian Iklan
Iklan merupakan informasi
yang isinya membujuk dan menarik perhatian masyarakat ramai supaya tertarik
dengan barang atau jasa yang ditawarkan dalam iklan tersebut. Menurut istilah,
iklan berasal dari bahasa Yunani yang ebrarti menggiring orang-orang kepada
gagasan.
Dari pengertian diatas,
dapat dikatakan bahwa iklan memiliki arti memberitahu kepada orang banyak
mengenai barang atau jasa yang ditawarkan.
Ciri-Ciri Iklan
- Penggunaan
bahasa dan kata harus tertata dan tidak memiliki arti ganda
- Menggunakan
bahasa yang menarik dan mudah diingat oleh masyarakat
- Iklan
dibuat dengan memperhatikan tata bahasa, etika, dan target
- Tidak
boleh merendahkan atau menghina perusahaan lain
- Iklan
dibuat dengan jujur sesuai dengan produk yang ditawarkan
Manfaat Iklan
Manfaat iklan untuk
produsen antara lain:
- Produk
menjadi lebih terkenal di masyarakat
- Perusahaan
memperoleh keuntungan dalam bisnis dengan melonjaknya nilai jual produk
karena iklan
Manfaat iklan untuk
masyarakat yaitu masyarat lebih tahu dan lebih mengenal mengenai produk yang
akan di gunakan dan lebih pandai untuk memilih produk mana yang tepat untuk
digunakan.
Jenis Jenis Iklan
Berdasarkan Medianya
1. Iklan Cetak
Iklan cetak merupakan iklan yang dibuat dan dipasang
menggunakan teknik cetak, seperti koran, majalah, tabloid dll. Berikut ini
merupakan 3 wujud iklan cetak, yaitu :
- Iklan baris, merupakan iklan yang hanya berisi
tidak lebih dari 3-4 baris, dan luas iklan tidak melebihi satu kolom
- Iklan kolom, merupakan iklan yang memiliki luas
satu kolom, namun lebih tinggi dibanding iklan baris.
- Iklan display, merupakan iklan yang memiliki
ukuran lebih luas dibandingkan iklan kolom.
- Iklan elektronik
Iklan eketronik merupakan iklan yang menggunakan media berbasis
elektronik. Secara spesifik iklan elektronik berupa, antara lain
- Iklan radio, yaitu iklan yang dipublikasikan
lewat radio, biasanya berupa kombinasi antara voice dan efek suara (sound
effect).
- Iklan Televisi, yaitu iklan yang dipublikasikan
melalui televisi berupa komninasi dari suara, gamabr, dan gerak.
- Iklan internet, yaitu iklan yang yang
dipublikasikan melalui internet, iklan internet ada yang didengar ada pula
hanya tampilan gambar.
Berdasarkan Tujuannya
- Iklan
komersial, yaitu
iklan yang bertujuan untuk memasarkan barang dan jasa. Dibedakan menjadi
2 yaitu,
- iklan
tastis (iklan yang mendesak konsumen untuk segera membeli)
- Iklan
strategis (iklan yang membangun merk dagang)
- Iklan
non komersial,
yaitu iklan yang digunakan untuk menginformasikan, membujuk atau mendidik
khalayak di mana tujuan akhirnya bukan mencari keuntungan ekonomi,
melainkan keuntungan sosial.
sumber :
https://www.pelajaran.co.id/2017/02/pengertian-iklan-ciri-ciri-syarat-dan-jenis-jenis-iklan-berdasarkan-kategori-terlengkap.html
Iklan eketronik merupakan iklan yang menggunakan media berbasis elektronik. Secara spesifik iklan elektronik berupa, antara lain
- Iklan
komersial, yaitu
iklan yang bertujuan untuk memasarkan barang dan jasa. Dibedakan menjadi
2 yaitu,
- iklan
tastis (iklan yang mendesak konsumen untuk segera membeli)
- Iklan
strategis (iklan yang membangun merk dagang)
- Iklan
non komersial,
yaitu iklan yang digunakan untuk menginformasikan, membujuk atau mendidik
khalayak di mana tujuan akhirnya bukan mencari keuntungan ekonomi,
melainkan keuntungan sosial.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar